Sejak melihat pedang pertama Jepang saya, saya telah terpesona oleh keanggunan dan kompleksitas tsuka-MAKI (seni membungkus tsuka). Meskipun saya akan berbagi dengan Anda beberapa, bahan alat dan teknik yang diperlukan untuk tsuka-maki, saya telah belajar, melalui bimbingan dari Takahashi-sensi, bahwa kesabaran, ketekunan dan keunggulan merupakan persyaratan yang benar untuk aplikasi seni ini.
SYARAT UMUM
Dalam rangka untuk membuat ini lebih mudah dipahami baik bagi pemula, serta pembungkus yang berpengalaman, saya akan mulai dengan mendefinisikan beberapa istilah umum yang digunakan di tsuka-maki.
Fuchi / KASHIRA | memukul topi |
HA | memotong sisi tepi |
HISHIGAMI | kertas wedges |
ITO | kain jalinan |
MAKI | untuk membungkus |
MENUKI | gagang ornamen |
MEKUGI | pasak yang menahan gagang |
MEKUGI ANA | lubang di gagang |
Mune | sisi yang berlawanan canggih |
Nakago | tang pedang |
Omote | sisi yang menghadap keluar |
Tsuka | gagang atau pegangan pedang |
Tsukaito | kain jalinan meliputi tsuka |
SAMA | hiu atau ray kulit |
URA | sisi yang menghadap dalam |
Untuk memegang tsuka: a berdiri yang akan memegang tsuka tetap di tempatnya untuk kedua membungkus dan mengencangkan, dan akan memungkinkan pekerjaan yang harus dilakukan dengan mudah pada kedua omote dan sisi ura.
Untuk memasukkan irisan kertas, dan menyesuaikan ito: pinset, pick (alat runcing kecil), dan setiap tangan kecil memegang alat dengan ujung tumpul berbentuk baji. Anda dapat kemungkinan besar akan menemukan semua ini dalam alat gigi yang digunakan.
Untuk memegang ito di tempat: sebuah penjepit yang dapat bekerja dengan bebas, tidak akan membiarkan ito bergeser, dan berjalan dan mudah lepas.
BAHAN
Selain dari tsuka sendiri, bahan dasar dalam tsukamaki adalah ito, kertas dan lem.
Lem dapat dibeli (seperti Elmer) atau diproduksi oleh beras mendidih, bekerja ke masa lalu saat masih hangat, dan menambahkan sedikit air.
Makalah dapat hampir anyweight, tetapi idealnya harus relatif dekat dengan kertas berat dan konsistensi.
Selama pembungkus, pastikan untuk melembabkan wedges kertas sebelum memasukkan mereka di bawah jalinan, ini akan memungkinkan wedges untuk menyesuaikan lebih mudah bagi kedua tsukaito dan sama.
Meskipun ito tersedia dalam berbagai warna, itu hanya diproduksi menggunakan dua jenis serat (alami dan sintetis). Ketika mencoba untuk mengidentifikasi ito diketahui, tes bakar sering membantu. Tabel berikut memberikan tes untuk serat prinsip alami, dan beberapa sintetis.
SERAT | NYALA | BAU | SISA |
Kapas | Bercahaya, cepat | Pembakaran kertas | Baik, abu-abu |
Sutra | Lambat oran / kuning | Membakar rambut | Brittle manik |
Wol, bulu | Lambat, biru | Pembakaran bulu | Brittle manik |
Rayon | Sparks, orange | Burnt kertas | Hitam abu |
Asetat | Cepat, percikan | Vinegarish | Sulit manik |
Nilon | Mencair, tidak ada api | Seperti seledri | Sulit manik |
DISARANKAN PANJANG ITO
Meskipun saya telah menemukan beberapa cara berbeda untuk memperoleh panjang diperlukan ito, mulai dari formula khusus dan rasio, untuk membungkus tsuka dari ujung ke ujung dan setengah jalan kembali, saya cenderung untuk mengikuti petunjuk sederhana yang diberikan saya oleh Takahashi-sensi.
TANTO (4 "tsuka) | 6 kaki ito |
Wakizashi (6 "tsuka) | 8 kaki ito |
KATANA (10 "tsuka) | 12 meter dari ito |
MENYIAPKAN TSUKA
keterangan lengkap kunjungi: tsukamaki.net