Tameshigiri

Tameshigiri sampai hari ini, sebagai bagian dari seni bela diri nihontō terkait, biasanya mengacu pada praktek pemotongan dibuat dengan pedang menggunakan bundel lembab batang bambu untuk mensimulasikan tubuh manusia. Di Jepang zaman dulu tubuh nyata digunakan. Pada korban hidup kesempatan digunakan, tetapi lebih sering subjek akan menjadi mayat seorang penjahat dieksekusi. Hasil tes pemotongan tersebut kadang-kadang ditemukan dipukul pada nakago dari pedang yang diuji, sehingga untuk memahami mei beberapa pengetahuan tentang terminologi yang digunakan adalah perlu, bersama-sama dengan beberapa kesadaran prosedur dan praktik yang dipekerjakan. Ada beberapa sistem tameshigiri digunakan di berbagai kali dan di berbagai tempat, masing-masing dengan mengatur sendiri terminologi. Sistem yang disajikan di sini adalah bahwa yang digunakan oleh keluarga Yamada yang penguji pedang untuk Keshogunan Tokugawa. Sadarilah bahwa, seperti halnya dengan semua tulisan di nihontō, banyak telah dipalsukan dan / atau dibesar-besarkan.

Banyak dari informasi yang disajikan di sini tentang tameshigiri telah diadaptasi dari 'Pedang dan sama' buku oleh Henri L. Joly & Inada Hogitaro (1913)


 Tameshigiri istilah yang digunakan oleh Yamada keluarga pada periode pemerintahan Kansei (1789-1800). Istilah yang setara kuno dalam huruf kecil

Dalam daftar berikut, pemotongan yang dilakukan pada mayat tercantum dibawah ini:

http://meiboku.info/mei/tamesh/cuts.gif
1. RYO KURUMA Ryo Kuruma

2.TAI TAI Tai Tai   Suritsuke Suritsuke
 

3. KARIGANE Karigane   Wakige Wakige

  4. CHIWARI Chiwari   Ichinodô Ichi no Dô

  5. KESA Kesa   Ôkesa Ôkesa

  6. TACHIWARI Tachiwari   Kami Tachiwari Kami Tachiwari

  7. WAKIGE Wakige   Ni no Dô Ni no Dô

  8. KURUMASAKI Kurumasaki   Ai no Kuruma Ai no Kuruma

  9. SURITSUKE Suritsuke   San no Dô San no Dô

10. SHIMOTATEWARI Shimotatewari

11. SAN NO DÔ San no Dô   Kurumasaki Kurumasaki

12. NI NO DÔ Ni no Dô   Hachimaime Hachimaime
Picture of Sand Dodan
13. ICHI NO DÔ Ichi no Dô   Hondô Hondô

14. KOKESA Kokesa

15. TABIGATA Tabigata

16. SODESURI Sodesuri

X = Hiza Tachi Hiza Tachi

Y = Hiji Tachi Hiji Tachi
 

Melakukan dari Tameshigiri tersebut:"....... Mayat yang digunakan untuk tes dipasok oleh Machibugyô pada permintaan Okoshi ada mono bugyō. Pada hari tes kedua dodan dibangun, kursi pemeriksa (kenshiba) adalah salah satu tikar tipis tunggal , tanah antara kenshiba dan tameshiba yang diampelas, dan di atasnya berdiri Yamada Asayemon dan para pengikutnya (tedai, Deshi)."Pada waktu yang tetap, ketika eksekusi (Shioki) selesai, para pejabat kembali ke kantor mereka, sementara mayat yang tergeletak di Tameshiba dengan kepala mereka. Honami ahli pedang dan murid-muridnya datang kemudian, dan juga Tachiai Okachi Metsuke ( konsultan Metsuke) "."The Okoshimono bugyō datang kemudian dan diterima oleh Metsuke di pintu masuk ke Sensakusho (mencari kantor). Setelah semuanya siap mengumumkan hal yang dibuat oleh kepala penjara a. Semua orang berkumpul di Kenshiba dengan Okoshimono bugyō dan nya asisten, bersama dengan Ondôgu bako (pedang dalam kotak) The Okachi Metsuke duduk. pada sisi Tameshiba, bersama dengan penjaga penjara (Ishide Tatewaki pada masa itu), Okobito Metsuke, Uchiyaku, Yamada Asayemon dan asistennya mengenakan Noshime Asakamishimo (kimono hitam dengan band cek atau stripe di tepi lengan dan pinggang), yang lain semua dalam Asakamishimo. Pintu masuk dijaga oleh Machikata Toshiyori Doshin, Roya Uchiyaku Doshin, dan masyarakat terus keluar. Pintu gerbang utama adalah juga dijaga oleh dua Roya Doshin. ""Mayat tersebut kemudian disesuaikan pada dodan oleh dua kinin disutradarai oleh Yamada Asayemon, satu orang tangan pisau (ha awase) ke Asayemon, yang mengangkatnya ke dahinya dan cocok ke dalam Kiri tsuka, maka ia melepas bagian atas (Kataginu) dari kamishimo dan Kimono nya, menghadapi dodan dan menempatkan kembali (mune) pedang pada mayat, memegang tsuka di tangan kanan, dengan kiri ia menyentuh tanah dan hormat pemeriksa. Kemudian ia berdiri up, menggenggam pedang dengan kedua tangan dilemparkan kembali di atas kepalanya (pisau hampir vertikal ke bawah), dan ketika semua otot-ototnya yang tegang ia memotong mayat dengan tanda seru (yah!). Hinin melepas jenazah, Okoshimono bugyō dan lainnya pejabat mendekati dan memeriksa dodan, kemudian kembali ke kursi mereka. Selanjutnya, laporan Asayemon secara tertulis tentang kondisi pisau. ""Dengan yari, Asayemon menyesuaikan pegangan. Dalam pasir tameshiba tempat kecil ditekan untuk menjaga kepala stabil, dan Hinin memantapkan kepala dengan sekop, Asayemon sebagian undresses, dan mencoba yari pada candi, maka laporan kemudian .............. " (Ekstrak dari 'Pedang dan Sama')

source: meiboku[dot]info

This template background by : Samurai Katana Sword