Seni Tsukamaki

The Art of Tsukamaki  ditulis dan diilustrasikan oleh Thomas L. Buck, Ph.D.

Sejak melihat pedang pertama Jepang saya, saya telah terpesona oleh keanggunan dan kompleksitas tsuka-MAKI (seni membungkus tsuka). Meskipun saya akan berbagi dengan Anda beberapa, bahan alat dan teknik yang diperlukan untuk tsuka-maki, saya telah belajar, melalui bimbingan dari Takahashi-sensi, bahwa kesabaran, ketekunan dan keunggulan merupakan persyaratan yang benar untuk aplikasi seni ini.

SYARAT UMUM
Dalam rangka untuk membuat ini lebih mudah dipahami baik bagi pemula, serta pembungkus yang berpengalaman, saya akan mulai dengan mendefinisikan beberapa istilah umum yang digunakan di tsuka-maki.
Fuchi / KASHIRA memukul topi
HA memotong sisi tepi
HISHIGAMI kertas wedges
ITO kain jalinan
MAKI untuk membungkus
MENUKI gagang ornamen
MEKUGI pasak yang menahan gagang
MEKUGI ANA lubang di gagang
Mune sisi yang berlawanan canggih
Nakago tang pedang
Omote sisi yang menghadap keluar
Tsuka gagang atau pegangan pedang
Tsukaito kain jalinan meliputi tsuka
SAMA hiu atau ray kulit
URA sisi yang menghadap dalam
ALAT
Untuk memegang tsuka: a berdiri yang akan memegang tsuka tetap di tempatnya untuk kedua membungkus dan mengencangkan, dan akan memungkinkan pekerjaan yang harus dilakukan dengan mudah pada kedua omote dan sisi ura.
Untuk memasukkan irisan kertas, dan menyesuaikan ito: pinset, pick (alat runcing kecil), dan setiap tangan kecil memegang alat dengan ujung tumpul berbentuk baji. Anda dapat kemungkinan besar akan menemukan semua ini dalam alat gigi yang digunakan.
Untuk memegang ito di tempat: sebuah penjepit yang dapat bekerja dengan bebas, tidak akan membiarkan ito bergeser, dan berjalan dan mudah lepas.

BAHAN
Selain dari tsuka sendiri, bahan dasar dalam tsukamaki adalah ito, kertas dan lem.
Lem dapat dibeli (seperti Elmer) atau diproduksi oleh beras mendidih, bekerja ke masa lalu saat masih hangat, dan menambahkan sedikit air.
Makalah dapat hampir anyweight, tetapi idealnya harus relatif dekat dengan kertas berat dan konsistensi.
Selama pembungkus, pastikan untuk melembabkan wedges kertas sebelum memasukkan mereka di bawah jalinan, ini akan memungkinkan wedges untuk menyesuaikan lebih mudah bagi kedua tsukaito dan sama.

Meskipun ito tersedia dalam berbagai warna, itu hanya diproduksi menggunakan dua jenis serat (alami dan sintetis). Ketika mencoba untuk mengidentifikasi ito diketahui, tes bakar sering membantu. Tabel berikut memberikan tes untuk serat prinsip alami, dan beberapa sintetis.
SERAT  NYALA BAU SISA
Kapas Bercahaya, cepat Pembakaran kertas Baik, abu-abu
Sutra Lambat oran / kuning Membakar rambut Brittle manik
Wol, bulu Lambat, biru Pembakaran bulu Brittle manik
Rayon Sparks, orange Burnt kertas Hitam abu
Asetat Cepat, percikan Vinegarish Sulit manik
Nilon Mencair, tidak ada api Seperti seledri Sulit manik

DISARANKAN PANJANG ITO
Meskipun saya telah menemukan beberapa cara berbeda untuk memperoleh panjang diperlukan ito, mulai dari formula khusus dan rasio, untuk membungkus tsuka dari ujung ke ujung dan setengah jalan kembali, saya cenderung untuk mengikuti petunjuk sederhana yang diberikan saya oleh Takahashi-sensi.
TANTO (4 "tsuka) 6 kaki ito
Wakizashi (6 "tsuka) 8 kaki ito
KATANA (10 "tsuka) 12 meter dari ito


MENYIAPKAN TSUKA
Dalam mempersiapkan tsuka, mulailah dengan peregangan sampel dari ito diinginkan ketat dan mengukur lebar (1W).
Menggunakan sejumlah kecil beras pasta lem, tempat strip kertas tipis di kedua sisi ha dan mune dari tsuka. Dengan kertas Layering Anda akan memutuskan bentuk jadi dari tsuka, dan juga penjaga yang ito dari snaring pada permukaan yang sama. Lanjutkan layering kertas sampai Fuchi / kashira akan siram dengan tepi tsuka (setelah ito di tempat).
Ukur dan tandai ha dan sisi mune di segmen lebar tsukaito (1W). Jarak antara Fuchi dan kashira harus mengukur ganjil unit lebar sepanjang kedua ha dan mune. Jika tidak, baik tsuka mungkin harus diubah, atau berat ito yang berbeda mungkin harus dipilih agar sesuai dalam jumlah ganjil spasi.


keterangan lengkap kunjungi: tsukamaki.net

This template background by : Samurai Katana Sword